Bosch Ciptakan Peta Berbasis ‘Radar Road Signature’

Bosch Ciptakan Peta Berbasis 'Radar Road Signature'

Bosch bersama penyedia peta dan informasi lalu lintas asal Belanda, TomTom, telah mencapai terobosan dalam pengembangan peta beresolusi tinggi untuk pengemudian otomatis. Penyedia layanan dan teknologi ini menjadi perusahaan pertama di dunia yang akan menciptakan susunan lokalisasi menggunakan sinyal radar –yang akan sangat diperlukan untuk peta semacam ini.

Selama ini, data video telah banyak digunakan untuk kebutuhan ini. Sistem ‘Radar Road Signature‘ dari Bosch ini terdiri dari miliaran titik refleksi individu. Titik tersebut terbentuk di berbagai tempat yang terkena sinyal radar – misalnya, pada penghalang jalan atau rambu lalu lintas, mereproduksi jalur untuk mencapai suatu tujuan.

Bosch Ciptakan Peta Berbasis 'Radar Road Signature'

Kendaraan otomatis dapat menggunakan peta berbasis radar tersebut untuk menentukan lokasi secara tepat dan sebuah jalur, bahkan hingga perbedaan hanya beberapa sentimeter saja.

Radar Road Signature menjadi tonggak penting dalam upaya menuju pengemudian otomatis. Teknologi ini memungkinkan kendaraan otomatis menentukan lokasi mereka secara akurat setiap saat,” papar anggota dewan manajemen Bosch Dr. Dirk Hoheisel, dalam rilis yang diterima Otoblitz.net, Rabu (14/6).

Bosch Ciptakan Peta Berbasis 'Radar Road Signature'

Keunggulan terbesar dari Radar Road Signature milik Bosch adalah kekuatannya: tidak seperti peta biasa yang hanya mengandalkan data video untuk melokalisasi kendaraan, Radar Road Signature juga dapat bekerja secara akurat pada malam hari, serta saat jarak pandang terbatas. Selain itu, Radar Road Signature milik Bosch hanya mengirimkan data sebesar 5 kilobyte per kilometer ke Cloud –volume data ini dua kali lebih tinggi ketimbang menggunakan peta video.

Diharapkan paling lambat pada 2020, kendaraan-kendaraan pertama yang hadir akan menyediakan data untuk Radar Road Signature di Eropa dan Amerika Serikat. Bosch dan TomTom sendiri telah berkolaborasi sejak tahun 2015 lalu.

Bosch Ciptakan Peta Berbasis 'Radar Road Signature'

“Kami senang bisa memperkenalkan data lokalisasi pelengkap berupa radar road signature melalui kemitraan dengan Bosch. Ini akan membuat kemampuan self-localization pada kendaraan otomatis jauh lebih kuat dalam segala hal,” ungkap CEO TomTom Harold Goddijn. Kedua perusahaan telah bekerja secara intensif dalam menciptakan Radar Road Signature serta menggabungkannya ke peta menyeluruh beresolusi tinggi milik TomTom sejak awal kolaborasi mereka pada Juli 2015. **MS/ Foto-foto: Dok. Bosch

TAGS

KOMENTAR (0)