Tokyo Motor Show - Left ad
Tokyo Motor Show -Right ad

FIRST LOOK | BMW 2002 Hommage: “Re-Born”

Perhelatan eksklusif Concorso d'Eleganza di Villa d'Este, Italia, merupakan salah satu ajang yang paling dinantikan para pecinta mobil sport dan klasik. Perhelatan ini bertepatan pula dengan perayaan 50 tahun BMW 2002—salah satu model mobil BMW yang tersohor.

Sebagai kado ulang tahun, BMW Group menampilkan sosok BMW 2002 Hommage Concept yang berbasis dari BMW M2 dan merupakan varian terbaru dari BMW.

BACA JUGA : Rayakan Tahun Kuda, BMW Luncurkan “Horse Edition”

Sosok BMW 2002 Hommage Concept tampil dengan bodi kekar dan berotot. Platform BMW M2 dirasa sangat pas, karena memiliki dimensi yang compact dan hanya membutuhkan sedikit ubahan pada panel bodi.

Dari sisi depan, BMW 2002 Hommage Concept menyajikan dua lampu depan bulat dengan reflektor berwarna emas. Dua buah lampu sein juga di bagian depan ditempatkan terpisah dari headlamp.

Perangkat pendingin mesin berukuran besar terpasang tepat dibawah grille “kidney”. Spoiler, body kit, serta air scoop berukuran besar terpasang pada bagian depan dengan aksen tulisan “Turbo” yang disematkan terbalik. Tujuannya, agar pengemudi mobil yang berada di depan tahu keberadaan BMW 2002 Hommage Concept saat melihat tulisan “Turbo” melalui kaca spion tengah. Hmm, sungguh ide yang sederhana namun brilian….

Bodi bagian samping dilengkapi saluran udara yang memiliki fungsi ganda untuk pendinginan sistem pengereman roda belakang dan juga untuk meningkatkan gaya aerodinamika. Sedangkan pada bagian belakang hanya terdapat aksen ducktail seperti pada versi asli dari BMW 2002 Turbo. Lip spoiler yang terpasang di bawah pintu, serta spion a’la mobil balap DTM merupakan bagian dari desain yang bertujuan untuk meningkatkan gaya aerodinamika.

“Desain dan tampilan BMW 2002 Hommage yang eye-catching merupakan salah satu desain yang sangat ikonik dalam sejarah BMW,” kata Karim Habib, Head of Design BMW Automobiles.

Apa yang disampaikan Karim memang sejalan dengan pujian yang terlontar dari para awak media maupun para pesohor yang menyaksikan sosok BMW 2002 Hommage Concept. Namun, sayangnya, pihak BMW tidak merinci mesin apa yang terpasang dibalik bonnet BMW 2002 Hommage Concept. Apakah mobil konsep termutakhir ini dibekali dengan mesin enam silinder turbo seperti yang diusung BMW M2? Ah, nampaknya kita masih harus menunggu konfirmasi lebih lanjut dari pihak BMW Group.

Saat dihadapkan pada pilihan antara BMW 2002 Hommage Concept atau BMW M2 yang merupakan platform aslinya, sebagian besar pengunjung di Villa d'Este sependapat untuk memilih BMW 2002 Hommage Concept. Dan, tentunya, sosok BMW 2002 Hommage akan memiliki prospek yang sangat cerah bila diproduksi secara massal sebagaimana BMW M2, sekalipun dibuat sebagai versi Limited Edition.

Kemunculan BMW 2002 Hommage Concept, tak pelak lagi, merupakan momen lahirnya kembali sosok legendaris BMW 2002 Turbo dalam wujud yang modern.

Rate this article:
(Average Rating 0 Based on 0 rating)

BUYERS GUIDE Updates

BUYERS GUIDE Updates


Related Articles


Most Popular