Ali Adrian Terus Tingkatkan Prestasi di Sisa Seri World Supersport 300

Salah satu pebalap muda berbakat Indonesia, Ali Adriansyah Rusmiputro yang terjun di ajang World Supersport 300 telah merampungkan setengah musim pertamanya dengan hasil yang memuaskan. Pebalap yang tergabung bersama Pertamina Almeria Racing Team tersebut berhasil mengumpulkan 11 poin dari lima balapan dan berhasil menempati posisi 18 dari 42 pebalap. Bahkan pada seri keempat lalu yang digelar di Sirkuit Donington Park, Inggris, satu-satunya pebalap dari Asia ini berhasil finish di urutan ke-7.

Arief Indiarto & Intersport Racing Team Unjuk Gigi di IXSOR 2017 Putaran Ketiga

Offroader Intersport Racing TeamArief Indiarto bersama navigatornya Sapta Marhaendra berhasil keluar sebagai Juara Pertama di kelas G3.2 pada ajang Pertamax Motorsport Indonesian eXtreme Sprint Rally Offroad Championship (IXSOR) 2017 putaran ketiga, yang berlangsung di Sirkuit Paramount Serpong pada Sabtu (6/8) dan Minggu (7/8) akhir pekan lalu.

Latest News

Pertarungan Sengit Tersaji di Kejurnas Motocross MX 2017 Seri Lima

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motocross MX 2017 kembali digelar pada akhir pekan ini lalu. Salah satu ajang balap motor paling ekstrim tersebut telah memasuki putaran ke-5 dan digelar di sirkuit Gapuraning Rahayu, Ciamis, Jawa Barat.

Rizal Sungkar Jadi yang Terdepan di IXSOR 2017 Putaran Tiga

Langkah pereli Rizal Sungkar yang memperkuat Pertamax Motorsport Sprint Rally Team di ajang Indonesia eXtreme Sprint Offroad Championship (IXSOR) 2017 putaran ketiga bisa dibilang sangat mulus. Rizal yang memang telah mempersiapkan diri secara matang beberapa waktu terakhir ini, mampu meraih gelar juara pertama di perebutan kelas kejuaraan umum.


Pertamax Motorsport Speed Offroad Team Rebut Podium di IXSOR 2017 Putaran Tiga

Pertamax Motorsport Speed Offroad Team berhasil menunjukkan kualitas mereka sebagai salah satu tim yang diandalkan dengan merebut beberapa podium di ajang Indonesia eXtreme Sprint Offroad Championship (IXSOR) 2017 putaran ketiga yang digelar di Sirkuit Paramount, Serpong, Tangerang Selatan, pada Sabtu-Minggu (5-6 Agustus) akhir pekan kemarin.

Pebalap Norman Nato Jaga Konsistensi Tim Pertamina Arden

Pebalap asal Prancis, Norman Nato, menjaga konsistensi tim Pertamina Arden untuk meraih poin pada persaingan Formula 2 (F2) 2017. Nato, yang didukung penuh tim Jagonya Ayam KFC Indonesia ini, finis di urutan kelima pada balapan kedua (sprint race) di Hungaroring, Budapest, Hungaria, Minggu (30/7/2017). Pebalap berusia 25 tahun ini mendapatkan enam poin pada balapan yang berlangsung 28 putaran tersebut.

Latest News

Highlights dari ETCC Euro 2000 & 3000 Seri Ketiga

Gelaran European Touring Car Championship (ETCC) 2017 seri ketiga yang diselenggarakan pada ajang Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat pada 22-23 Juli 2017 lalu menyisakan banyak cerita seru dan menarik.

Haridarma Manopo Raih Kemenangan Ketiga Beruntun di Kejurnas ITCC 2017

Para pebalap handal Toyota Team Indonesia (TTI) sukses menorehkan prestasi membanggakan dengan berhasil naik podium juara di ajang Indonesian Touring Car Championship (ITTC) 1.600 Max, dalam gelaran Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017 Seri 3 yang merupakan bagian dari seri kejuaraan nasional (kejurnas) di kategori turing.


Diva Ismayana Raih Dua Podium di Indonesia Supermoto Champs Seri 1

Rider muda berbakat Diva Ismayana berhasil menjadi yang tercepat di putaran terakhir kelas SM Open Pro dalam ajang Indonesia Supermoto Champs (ISC) Seri 1, yang digelar pada hari Minggu (23/7) lalu. Sebelumnya, Diva juga berhasil memenangkan juara pertama pada race Moto 1 dan Moto 2.

Hadirkan Keseruan Tersendiri, OSRC Seri Ketiga Sukses Digelar

Gelaran Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) selalu menampilkan berbagai pertarungan seru di setiap kelas balap yang dipertandingkan. Seperti yang terjadi di kelas Old Skool Racing Championship (OSRC), ajang fun race yang mempertemukan mobil-mobil klasik era 1970-1980-an, yang tampak kian diminati dengan hadirnya peserta-peserta baru.

Latest News

Masuki Seri Ketiga, Persaingan di JSTC Makin Seru

Gelaran Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) 2017 seri ketiga rampung digelar pada Minggu, 23 Juli 2017 lalu. Meskipun sempat istirahat cukup lama karena bulan Ramadhan dan Idul Fitri, namun ajang balap turing terbesar di Indonesia ini tetap terlihat seru dan menegangkan, seperti yang terjadi di salah satu kelas yang dipertandingkan yaitu Japanese Super Touring Championship (JSTC).

Diguyur Hujan, Dede Muhaimin Tetap Mampu Dominasi ETCC Euro 3000 Novice

Gelaran Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017 Seri ke-3 kembali menyuguhkan tontonan yang menarik. Dari keseluruhan kelas yang dipertandingkan, persaingan antar pebalap tampaknya semakin ketat, tak terkecuali di ajang European Touring Car Championship (ETCC) Euro 3000 Novice, dimana setelah 'melahap' 12 lap, akhirnya Dede Muhaimin dari HGMP Racing Team berhasil menjadi yang tercepat.


Sempat Alami Kendala, Aldio Oekon Tetap Mampu Raih Podium

Meski sempat mengalami kendala di lap-lap awal, Aldio Oekon, pebalap muda berbakat yang bergabung dengan tim Pertamax Motorsport kembali berhasil naik podium kedua di ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017 putaran tiga di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Tampil Konsisten, Muliana Saleh Rebut Podium Pertama ETCC 2000 Novice

Meskipun baru di tahun 2017 terjun ke balap turing di ajang European Touring Car Championship (ETCC) 2000 Novice, pebalap Muliana Saleh ternyata mampu menorehkan prestasi yang membanggakan, padahal sebelumnya dirinya merupakan pebalap di ajang Sprint Rally.

Latest News

Start dari Pit, Davi Saputra Sabet Podium Tiga MBCIRC 2017 Seri 3

Di Kejuaraan Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) 2017 Seri Ketiga yang berlangsung pada 22-23 Juli 2017 lalu, ajang Mercedes-Benz Club Indonesia Race Championship (MBCIRC) kembali menghadirkan pertarungan seru di setiap kelasnya.

Hadapi ISSOM 2017 Seri Ketiga, Aldio Oekon Kian Optimis

Salah satu pebalap muda berbakat yang mendapat dukungan dari Pertamax MotorsportAldio Oekon, kini tengah melakukan persiapan untuk menghadapi ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017 putaran ketiga, yang akan digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, pada Minggu (23/7) mendatang.


Pertarungan JSTC Seri Ketiga di ISSOM 2017 Diprediksi Makin Seru

Ajang Japan Super Touring Championship (JSTC) akan kembali digelar di Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017 Seri Ketiga, yang akan digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, pada 23 Juli mendatang. Ajang balap turing khusus mobil lansiran Jepang ini diprediksi berlangsung seru dan meriah, pasalnya setelah libur panjang selama satu bulan, parta pebalap sudah tak sabar lagi untuk turun ke sirkuit.

Dimas Ekky SIap Hadapi Moto2 European Championship di Estoril

Pebalap MotoGP Dimas Ekky kembali menghadapi tantangan di ajang CEV International Championship 2017 seri keempat, yang akan berlangsung di Sirkuit Estoril, Portugal (23/7) mendatang. Pada seri ini, pebalap asal Kota Depok ini baru pertama kali akan menjajal Sirkuit Estoril.

Latest News

Toyota Team Indonesia Siap Hadapi 'GT Radial Auto Gymkhana Round 3'

Toyota Team Indonesia (TTI) memastikan telah siap menghadapi ajang 'GT Radial Auto Gymkhana' putaran ketiga yang akan berlangsung di Arcamanik, Bandung, pada 8 Juli 2017 mendatang. Berkat keberhasilan Demas Agil dalam merebut gelar juara di kelas A dan F pada putaran kedua sebelumnya, membuat TTI makin berpeluang dalam pengumpulan poin.

Ali Adrian, Tampil Luar Biasa di World Supersport 300 Misano

Pebalap muda Indonesia berbakat, Ali Adriansyah Rusmiputro telah menjalani putaran kelimanya di ajang balap World Supersport 300 di Sirkuit Misano, Italia, yang berlangsung pada Minggu (18/6) lalu. Sempat tampil cukup baik sejak awal perlombaan, meskipun harus memulai start di urutan ke-22, Adrian yang menunggangi Yamaha YZF-R3 ini sempat merangsek ke posisi ketujuh.


Ali Adrian Optimis Raih 10 Besar di World Supersport 300 Misano

Ali Adriansyah Rusmiputro, pebalap muda berbakat yang diusung oleh Pertamina Almeria Racing Team akan menjalani putaran kelima ajang World Supersport 300 di Sirkuit Misano, Italia, pada Minggu, 18 Juni 2017 mendatang.

Ali Adriansyah Sukses Penuhi Target di Donington Park

Pebalap muda berbakat Indonesia, Ali Adriansyah Rusmiputro kembali berhasil meraih poin di ajang World Supersport 300 putaran keempat, yang berlangsung di Sirkuit Donington Park, Inggris, pada hari Minggu 28 Mei lalu.

Latest News

Ali Adriansyah Siap Berlaga di World Supersport 300 Putaran 4

Pebalap muda potensial, Ali Adriansyah Rusmiputro dari Pertamina Almeria Racing Team, siap menjalani putaran keempat ajang World Supersport 300 2017 di Sirkuit Donington Park, Inggris, pada hari Minggu (28/5) akhir pekan mendatang. Setelah berhasil memperoleh poin perdananya di Imola, Adrian semakin yakin dan optimis akan penampilannya nanti, dan ia memiliki harapan dan tekad untuk kembali meraih poin serta finish di posisi yang lebih baik.

Ali Adriansyah Sukses Raih Poin Perdana di Imola

Pebalap muda berbakat Indonesia, Ali Adriansyah Rusmiputro baru saja menjalani putaran ketiga pada ajang balap dunia World Supersport 300 yang telah berlangsung di Sirkuit Imola, Italia pada Minggu (14/5) lalu. Kerja keras yang telah dilakukan Adrian beserta tim Pertamina Almeria Racing Team, membuahkan hasil yang positif. Adrian berhasil memperoleh poin perdananya setelah menyelesaikan balapan di urutan ke 14 dari 37 pebalap yang ikut serta.


Ali Adriansyah Siap Hadapi Seri Ketiga World Supersport 300

Ali Adriansyah Rusmiputro, pebalap Indonesia berbakat yang diusung oleh Pertamina Almeria Racing Team akan menjalani putaran ketiga dalam kejuaraan World Supersport 300 di Sirkuit Imola, Italia, pada hari Minggu (14/5) akhir pekan mendatang. Berbagai persiapan pun dilakukan Adrian untuk menghadapi tantangan di balapan ketiganya tahun ini.

116 Peserta Ramaikan Kejurnas Motorprix 2017 Regional 2 Putaran 1

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor Motoprix 2017 Region 2 putaran pertama sukses digelar di Sirkuit GOR Satria, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah pada 8-9 April lalu. Kejurnas yang diikuti oleh 116 peserta dari berbagai daerah ini, berlangsung seru dan mendebarkan.

Latest News

MG TB Klasik Menangkan Reli Flying Scotsman 2017

Sebuah MG TB supercharged keluaran 1939 berhasil menyabet predikat juara di Flying Scotsman Vintage Rally 2017 akhir pekan lalu, menjadi kendaraan berbodi terkecil kedua yang memenangkan ajang reli mobil klasik ini sejak 2011.

Hujan Deras, Para Pebalap ETCC Tetap Tampil Trengginas

Kejuaraan European Touring Car Championship (ETCC) Indonesia yang didukung penuh oleh produsen ban Achilles di gelaran Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017 seri pertama menyajikan keseruan tersendiri.


10 Tahun Berlalu, Balap Mobil Retro Tetap Digemari

Ajang Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017 seri perdana telah usai digelar. Berbagai kelas diperlombakan di event balap berskala nasional tersebut, dan yang hingga saat ini terus eksis adalah Indonesia Retro Race (IRR) yang pada hari Minggu, 26 Maret lalu genap berusia 10 tahun.

Debut Perdana, WSRT Raih Podium di ISSOM 2017 Seri I

Watch Studio Racing Team (WSRT) by Condotti Timepieces, yang resmi memperkenalkan pebalapnya Muhammad Ferrel Fadhil Pratama Putra atau yang akrab disapa Ferrel, telah memulai debut perdana di Seri I Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017.

Latest News

Ali Adrian, 'Siap Tempur' Hadapi World Supersport 300

Salah satu pebalap muda berbakat Tanah Air yang mendapat dukungan penuh dari PT Pertamina (Persero), Ali Adrian Rusmiputro saat ini telah siap melakoni debutnya di ajang bergengsi World Supersport 300 2017, yang akan diselenggarakan di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, pada Minggu 2 April mendatang.

Haridarma Manoppo Bawa TTI Raih Podium Pertama ITTC

Toyota Team Indonesia (TTI) menorehkan prestasi yang membanggakan pada ajang bergengsi Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) di awal 2017 ini. Lewat pebalapnya Haridarma Manoppo TTI sukses merebut juara pertama di Kejurnas Indonesia Touring Car Championship (ITTC) 1.600 MAX di ISSOM minggu lalu.


Dua Pendatang Baru Tampil Impresif di ETCC 2017

Gelaran European Touring Car Championship (ETCC) Indonesia tahun 2017 telah menyelesaikan seri perdananya. Ditahun ini ada beberapa peserta baru, yaitu Gezha Sudirman yang turun di kelas Euro 2000 Promotion dan Dede Muhaimin Euro 3000 Novice.

Tetap Seru dan Menarik, OSRC Berikan Warna Berbeda di ISSOM 2017

Old Skool Racing Championship (OSRC), ajang balapnya mobil-mobil klasik ini kembali hadir Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017. Meskipun hanya sebagai ajang 'fun race' yang mempertemukan mobil-mobil lawas, ajang OSRC ini tetap mampu memberikan tontonan seru dan menarik. Dari segi peserta pun, seri pembuka OSRC kali ini juga lebih banyak dibanding seri terakhir gelaran tahun lalu.

Latest News

JSTC, Tawarkan Keseruan Berbeda di ISSOM 2017

JSTC Intro

Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), ajang balap turing yang menghadirkan beberapa kelas balap bergengsi ini menjadi satu tontonan menarik bagi para pecinta balap di tanah air. Bahkan setiap tahun, ajang ini selalu kehadiran peserta baru.

Tampil Konsisten, Aldio Oekon Raih Podium Pertama ETCC 2000 Master

Sebagai pebalap muda berbakat, Aldio Oekon yang tergabung dalam program Pertamax Motorsport Academy berhasil menunjukkan prestasi gemilangnya dengan keluar sebagai juara satu di kelas European Touring Car Championship (ETCC) 2000 Master pada ajang International Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017 seri pertama yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Jawa Barat pada Minggu, 26 Maret 2017 kemarin.


Kepercayaan Diri Zharfan Rahmadi di ETCC 2000 Pro dan HJSC 2017

Agar lebih semangat dalam menekuni sebuah pekerjaan atau untuk menunjang prestasi, memiliki 'gandengan' cantik mungkin menjadi obsesi banyak remaja pria di dunia ini. Hal tersebut mungkin juga berlaku bagi seorang pebalap muda yang masih menginjak usia 18 tahun, yaitu Zharfan Rahmadi yang saat ini berpacaran dengan Aaliyah Massaid, putri dari pasangan almarhum Adjie Massaid dan Reza Artamevia.

Pendatang Baru Watch Studio Racing Team Siap Hadapi Tantangan di ISSOM 2017

Dunia balap motorsport kembali diramaikan dengan tim balap baru, Watch Studio Racing Team (WSRT) by Condotti Timepieces, yang resmi memperkenalkan pebalapnya Muhammad Ferrel Fadhil Pratama Putra atau yang akrab disapa Ferrel, pada Kamis, 23 Maret di Jakarta.

Latest News

Pebalap Muda Ali Adrian Ramaikan World Supersport 300 Championship

Beberapa tahun terakhir, Indonesia terus melahirkan pebalap-pebalap muda yang mampu berkiprah di berbagai kompetisi kelas dunia. Salah satunya adalah Ali Adriansyah Rusmiputro, pebalap yang tergabung dalam Pertamina Almeria Racing Team yang merupakan pebalap roda dua kelahiran Jakarta, 29 September 1993.


Bali MX & Corsa Mantap Melaju di Kejurnas Motocross 2017

Dalam Kejurnas Motocross 2017 Seri 1 yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) pada hari Sabtu-Minggu, 11-12 Maret 2017 lalu, Tim Bali MX Motocross semakin mantap melaju dengan dukungan Corsa.


Mantan Pebalap Moto2 Rajai Kejurnas IRS Kelas 250 cc

Dua mantan pebalap Moto2 ramaikan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Indospeed Race Series (IRS) kelas 250 cc yang digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, pada 18-19 Maret 2017 lalu.

Pertamax Motorsport Program, Cari Bibit Unggul Pebalap Nasional

Sebagai bentuk dukungannya terhadap dunia balap nasional, hari ini, Kamis, 14 April 2016, PT Pertamina (Persero) secara resmi meluncurkan program Pertamax Motorsport Program (PMP). Program ini bertujuan untuk menemukan bibit pebalap potensial yang nantinya bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di dunia balap Internasional.

Latest News

Rafid Topan Siap Tampil di Moto2 European Championship 2016

Dyandra Promosindo bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI, Evalube dan KYT sedang mempersiapkan keikutsertaan pebalap motor Indonesia, Rafid Topan Sucipto untuk dapat mengikuti balap bergengsi MotoGP yang diawali dengan keikutsertaannya di Kejuaraan European Moto2.

Mike Salmon: 60 Tahun Malang-Melintang di Dunia Balap Dunia

Tak banyak pebalap yang mampu berkarir lebih dari 60 tahun; dan Mike Salmon salah satunya. Nama pebalap berkebangsaan Inggris kelahiran 13 Oktober 1933 ini bahkan tak bisa dipisahkan dari Le Mans 24 Hours.


Tomi Hadi Sabet Juara Umum Mercedes-Benz Race Championship 2015

Pebalap Gazpoll Racing Team, Tomi Hadi, sukses meraih predikat Juara Umum Mercedes-Benz Club Indonesia Race Championship (MBCIRC) 2015 dan Super Touring Championship (STC) Mercedes-Benz 3500, pada perhelatan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2015 yang digelar apda Minggu (29/11) lalu.

MB Race Championship, Wadahi Pebalap Non-Member

Mercedes-Benz Club Indonesia (MB Club INA) ikut andil dalam gelaran Indonesian Sentul Series Of Motorsport Indonesia (ISSOM) 2015, yang dihelat di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat pada 24-25 Oktober lalu. MB Race Championship ini tujuannya adalah untuk mewadahi para pehobi balap yang non-member, sehingga pesertanya cukup banyak.

Latest News

Dua Pebalap GT Racetech Team Ramaikan ETCC Euro 3000

Persaingan di ajang European Touring Car Championship (ETCC) Euro 3000 disetiap serinya memang terasa semakin ketat. Meski begitu, ini tak membuat gentar dua pebalap dari GT Racetech Team, Peter Fries yang turun di Class Promotion dan Chunky Chandra di Class Master. Dengan menggunakan mobil BMW Seri 3 tahun 1996 bermesin V8, prestasi mereka tidak bisa dianggap remeh.

Inilah Hasil Lengkap ETCC dan MB Race Championship Seri ke-5

Dari keseluruhan kelas yang dipertandingkan, persaingan antar pebalap tampaknya semakin ketat. Tidak terkecuali di ajang European Touring Car Championship (ETCC) Euro 2000, Euro 3000 serta Mercedes-Benz Club Indonesia Championship. Nah, berikut hasil lengkapnya:


Ajang 'The Great Race 2016' Siap Digelar

Ajang 'The Great Race', sebuah reli mobil klasik yang digelar di jalan-jalan umum di dataran Amerika Serikat namun dengan kecepatan yang dibatasi, baru-baru ini telah diumumkan rutenya untuk tahun 2016 mendatang. Rute perjalanan ajang reli mobil klasik terbesar di AS tersebut meliputi Bonneville Salt Flats, Mount Rushmore yang ikonik dan wilayah Badlands yang 'kejam'.

Davi Saputra: Awalnya Tak Diizinkan Ortu Jadi Pebalap

 

“Kalau kamu bisa menang, kamu boleh terus ikut balap. Tapi, jika kalah, cukup sekali ini saja!” Kalimat bernada ancaman itu diucapkan dengan tegas oleh sang Ayah yang gundah melihat Davi Saputra berpamitan mengikuti ajang Boxer One Make Race 2010 di Sirkuit Sentul dengan menggunakan mobil pinjaman. Dan, lomba dimulai. Hasilnya?

 

Latest News

Gerhard Lukita: Muda, Berbakat, dan Berprestasi

Muda dan berbakat, itulah gambaran yang pas buat Gerhard Lukita, salah satu pebalap besutan ABM Motorsports. Meski baru berusia 15 tahun, namun sejumlah prestasi dari lintasan aspal, pernah ia raih sejak duduk di bangku SMP.

120 Mobil Klasik Berpacu di 'The Great Race 2015'

Sekitar 120 mobil klasik, vintage, dan mobil kolektor saat ini sedang berpacu dari Kirkwood, Missouri menuju Santa Monica, California, sebagai bagian dari ajang 'The Great Race 2015', sebuah reli ketahanan dengan waktu yang dilakukan di jalan raya umum. Tahun ini, The Great Race digelar mulai tanggal 20 hingga 28 Juni mendatang.


Bernardus “Jos Oren” Joseph Te Victoria: Dari Iseng jadi Kecanduan

Sosok berambut kriwul ini sudah sangat akrab di kalangan pebalap mobil klasik atau retro di tanah air. Dialah sang Jawara Kelas Retro 1600 dan Juara 3 Kelas Retro 2000 di ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport 2015 (ISSOM 2015) Seri Kedua kemarin.

Jem Marsh: Insinyur Berbakat dan Pendiri Marcos Sport Car

Jem Marsh adalah co-founder dari Marcos Sport Car, produsen mobil-mobil sport sejak 1959. Awal pekan lalu, 2 Maret 2015, insinyur berbakat sekaligus pebalap handal itu wafat dalam usia 85 tahun.

Latest News