All-New Jaguar XF Sportbrake Resmi Mengaspal

Jaguar akhirnya kembali ke segmen mobil station wagon eksekutif dengan meluncurkan All-New Jaguar XF Sportbrake baru-baru ini.

Disiapkan untuk bersaing dengan model-model sekelasnya seperti misalnya BMW 5-Series Touring, Mercedes-Benz E-Class Estate, Audi A6 Avant hingga Volvo V90, model terbaru dari produsen otomotif Inggris ini dibangun berdasarkan pada sedan generasi kedua dan dipresentasikan di pabrik mereka di Castle Bromwich, Inggris, yang juga akan menjadi tempat perakitannya.

"Seperti halnya dengan XF Saloon, setiap garis pada XF Sportbrake memiliki tujuan yang jelas, serta menciptakan siluet yang mengalir indah," ujar Direktur Desain Jaguar, Ian Callum. "Ini memberikan sense of speed dan penampilan yang sangat dinamis. Karena itulah, boleh dibilang mobil ini terlihat sangat sporty seperti versi saloon-nya, bahkan mungkin lebih."

Jaguar mengatakan All-New XF Sportbrake ini memberikan distribusi bobot depan-ke-belakang 50:50 yang paling mendekati sempurna, dilengkapi suspensi udara standar untuk membantunya membawa beban yang lebih berat, serta didukung pula dengan sistem penggerak all-wheel drive dan Intelligent Driveline Dynamics (IDD), yang mampu mengurangi kondisi understeering dan membuat kemudi mobil lebih lincah.

Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, pilihan mesin All-New XF Sportbrake mengadopsi dari versi sedannya, sehingga pelanggan bisa memilih antara mesin diesel 2.0-liter dalam tiga tingkat output: 163 PS (161 hp), 180 PS (177 hp) dan 240 PS (237 hp). Atau, mesin V6 diesel 3.0-liter berkekuatan 300 PS (296 hp).

Sementara, untuk opsi mesin bensin termasuk unit 2.0-liter yang menghasilkan tenaga 250 PS (246 hp), serta mesin V6 3.0-liter yang mampu membesut daya 380 PS (375 hp), khusus untuk pasaran AS. Belum ada kabar tentang penerus potensial dari mesin berkekuatan 550 PS (542 hp) dari Jaguar XFR-S Sportbrake yang telah meluncur sebelumnya.

Secara visual, All-New Jaguar XF Sportbrake memiliki tampilan yang identik dengan versi sedannya di bagian depan, sedangkan bagian belakang mengadopsi seperangkat lampu LED yang menyerupai yang digunakan pada F-Type. Garis kaca belakang yang tegas dan melandai membuat kendaraan tampak lebih sporty.

Jaguar XF Sportbrake terbaru ini juga dilengkapi berbagai sistem bantuan pengemudi yang canggih seperti Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning, Lane Keep Assist, Driver Condition Monitoring, Traffic Sign Recognition with Intelligent Speed Limiter, Adaptive Cruise Control with Queue Assist, hingga Blind Spot Monitor, Reverse Traffic Detection, 360-degree Camera View, dan Park Assist Function semi otomatis.

Jaguar telah mulai menerima pesanan untuk All-New XF Sportbrake, dengan banderol dimulai dari GBP 34,910 atau setara dengan Rp 591 jutaan (di pasaran Inggris), untuk varian 2.0d berkekuatan 163 PS dengan trim Prestige. **MS/ Foto-foto: Carscoops


CARS Updates


Related Articles


Most Popular