Konsep Retro Unik: Abarth 1500 Biposto (B.A.T. 1) 1952

Abarth 1500 Biposto adalah mobil coupe eksperimental yang dirancang oleh Franco Scaglione, yang saat itu bekerja untuk rumah desain terkenal dari Italia, Bertone. 1500 Biposto mencuri banyak perhatian publik saat ditampilkan di ajang Turin Motor Show 1952.

Setelah tampil di Turin Motor Show, Abarth 1500 Biposto ini kemudian dibeli oleh Packard dan dibawa ke markas mereka di Detroit, di mana mobil berdesain unik ini digunakan sebagai acuan inspirasi desain mereka.

Mobil yang juga dikenal dengan sebutan B.A.T. (Berlina Aerodinamica Technica) seri pertama ini mengusung mesin inline 4-silinder berkapasitas 1.5-liter, yang mampu menghasilkan 75 tenaga kuda, dengan katup overhead dan karburator Weber ganda. Mesin ini dipadukan dengan gearboks empat percepatan dan rem tromol.

Pada pertengahan 1953, Abarth 1500 Biposto diberikan kepada jurnalis otomotif Dick Smith sebagai hadiah atas idenya untuk slogan iklan baru Packard. Smith jarang mengendarai mobil hadiahnya ini selama dua dekade, sebelum akhirnya disimpan dengan rapi di garasi penyimpanan mobilnya.

Abarth 1500 Biposto memiliki tampilan desain futuristik yang terdiri dari lampu utama yang mirip dengan mobil konsep Tucker Torpedo, beserta sirip tipis di bagian belakang. Desain Biposto ini diyakini telah memberi inspirasi bagi mobil-mobil konsep seri B.A.T. besutan Alfa Romeo di kemudian hari.

Abarth 1500 Biposto sempat memenangkan penghargaan bergengsi Gran Turismo Trophy pada ajang Pebble Beach Concours d'Elegance 2010, dan ditampilkan pula di seri game balap terkenal Gran Turismo 6. **MS/ Foto-foto: Carstyling.ru


CARS Updates


Related Articles


Most Popular